Friday 15 November 2013

Proses Terjadinya Hujan Asam

Proses Terjadinya Hujan Asam


 Apa itu hujan asam? Pengertian hujan asam adalah proses ketika hujan yang turun membawa serta partikel-partikel pencemar seperti gas sulfur dioksida. Jika turun hujan, maka air hujan membawa partikel-partikel di udara turun, kemudian masuk ke dalam tanah atau aliran air. Jika tidak ada pencemaran udara, air hujan tidak berpengaruh negatif terhadap kehidupan tanah dan perairan.

Apa penyebab terjadinya hujan asam? Proses hujan asam biasanya terjadi ketika tingkat pencemaran udara mendakati atau di atas ambang batas normal. Industri pembangkit tenaga listrik, penyulingan minyak yang menggunakan batubara sebagai bahan bakar adalah sumber utama terjadinya hujan asam. Sulfur dan nitrogen dalam batubara yang dibakar akan berubah menjadi gas sulfur dioksida (SO2) dan nitrogen oksida (NO). Gas-gas ini bercampur dengan udara sekitar dan bergerak bersama angin ke tempat lain. 

Air hujan membawa serta gas-gas SO2 dan NO masuk ke dalam tanah atau saluran air. Di udara gas NO dan SO2 dapat teroksidasi dan bereaksi dengan air membentuk asam nitrat dan asam sulfat atau amonium sulfat. Air hujan yang membawa asam sulfat atau amonium sulfat dan asam nitrat turun dan meresap ke dalam tanah atau aliran sungai, dan menyebabkan derajat keasaman air atau tanah menjadi tinggi (pH menjadi rendah).

Apa dampak yang ditimbulkan hujan asam? Hujan asam dapat melepas zat gizi tanah seperti kalsium dan magnesium dari tanah dan membawanya ke sungai-sungai dan kolam-kolam. Hujan asam menyebabkan air sungai menjadi terlalu asam sehingga beberapa hewan perairan seperti ikan, telur hewan amfibi terancam hidupnya. Hujan asam juga menyebabkan endapan logam beracun seperti oksida merkuri (HgO) dan aluminium (Al2O3) terlarut dalam air sehingga binatang dapat teracuni. Hujan asam juga dapat mempercepat terjadinya perkaratan logam-logam seperti besi, baja, dan tembaga. Namun, hujan asam tidak terlalu berpengaruh di daerah pegunungan berkapur (basa), karena kapur dapat menetralisir asam dalam air hujan.

Bagaimana cara mencegah terjadinya hujan asam? Usaha jangka panjang untuk menghentikan kerusakan karena hujan asam adalah dengan menghentikan sumbernya, mengganti bahan bakar batubara dengan bahan bakar lainnya. Sedangkan, penanganan cara cepat jika hujan asam sedang terjadi adalah dengan menebarkan zat kapur di atas danau atau sungai.

Sekian materi tentang Proses Terjadinya Hujan Asam, semoga bermanfaat.
Previous Post
Next Post

0 comments: